[BREAD OF LIFE – GIVES LIFE] BOL 365 │DAY 125

[BREAD OF LIFE – GIVES LIFE] BOL 365 │DAY 125

Jumat, 05 Mei 2023
Pembacaan Alkitab; Yohanes 7-9

JANGAN MUDAH MENGHAKIMI

Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: “Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?” Jawabnya: “Tidak ada, Tuhan.” Lalu kata Yesus: “Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.”
(Yohanes 8:10-11)

Dari kisah seorang Wanita yang berzina ini kita dapat pelajari bahwa di berbagai budaya manapun, para pelaku kejahatan cenderung dijauhi dan dikucilkan bahkan dihakimi. Dalam budaya Yahudi, contohnya seseorang yang kedapatan berzina harus dihukum mati dengan cara dirajam batu. Itulah yang harus dijalani perempuan di zaman Yesus yang tertangkap basah melakukan zina. Saat Yesus diperhadapkan pada kasus tersebut, Ia justru melakukan hal sebaliknya. Ia tak menghukumnya melainkan membelanya. Ia memanusiakan perempuan itu dengan memberinya kesempatan yang kedua dan kepercayaan untuk melanjutkan hidup menjadi orang yang lebih baik.

Yesus bangkit berdiri dan Yesus tahu persis bahwa perempuan itu berdosa, namun Yesus memahami bahwa yang dibutuhkan perempuan itu bukanlah ancaman, penghakiman & Penghukuman, melainkan penerimaan, pengampunan, kepercayaan dan kesempatan untuk hidup lebih baik.

Demikian kita sebagai anak Tuhan jika memiliki juga sikap dan tindakan seperti yang telah Tuhan Yesus contohkan, tidak cepat mengambil keputusan yang merugikan apalagi sampai menghakimi seseorang, sekalipun ia kedapatan berdosa. Sebab kembali lagi penghakiman adalah hak Tuhan, sedangkan Tuhan saja masih memberi kesempatan untuk orang tersebut bertobat & berubah. Mari perbaiki diri kita lebih baik lagi untuk semakin serupa dengan Kristus dari tindakan kita yang tidak cepat untuk menghakimi sesama kita.

No Comments

Post A Comment

×

Powered by WhatsApp Chat, Setup by GBI The City Tower

× Butuh Bantuan?