BREAD OF LIFE – GIVES LIFE] BOL 365 │DAY 45

BREAD OF LIFE – GIVES LIFE] BOL 365 │DAY 45

Selasa, 14 Februari 2023

Pembacaan Alkitab: Amsal 4-6

MENJAGA KEMURNIAN HATI

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan (Ams. 4:23)

Kita pasti sering mendengar frasa, “Ikuti kata hatimu.” Ada kesan yang dinyatakan dari frasa ini, bahwa apa yang dinyatakan oleh hati manusia adalah sesuatu yang positif dan harus diikuti walaupun apa yang dinyatakan isi hati belum tentu sebuah kebenaran. Dalam Amsal hari ini, kita diingatkan untuk menjaga hati. Pertanyaannya, kenapa kita harus menjaga hati? Karena hati mewakili seluruh pribadi kita. Jika hati kita dibiarkan untuk mengikuti hal yang tidak sesuai firman Tuhan, maka apa yang kita lakukan pasti akan kacau bahkan bisa menjadi dosa.
Tetapi jika hati kita diisi dengan firman Tuhan, maka tindakan kita akan memuliakan nama Nya

Dosa yang masuk ke dalam dunia ini meracuni hati manusia, sehingga manusia selalu memiliki kecenderungan untuk melakukan hal-hal yang berpusat pada diri dan bertentangan dengan kehendak Allah. Sebab itu, kita perlu Roh Kudus untuk menolong kita menjaga hati agar tetap murni. Tidak ada yang bisa mengubah hati manusia selain Roh Kudus. Hanya dengan pimpinan Roh Kuduslah kita dimampukan untuk tetap berdiri di atas kebenaran. Jangan biarkan kemarahan, kekecewaan dan kepahitan menguasai hati kita.

Hati kita juga harus penuh dengan firman Tuhan. Karena firman Tuhan memiliki kuasa untuk mengubah hidup dan mendidik kita untuk melakukan kebenaran (2 Tim. 3:16).
Bacalah firman bukan hanya sekedar sebagai sumber informasi dan inspirasi, tetapi biarlah kuasa firman juga terimpartasi dalam hidup kita, sehingga hati kita diubahkan serupa dengan gambaran Kristus. Ketika hati kita dikuasai Roh Kudus dan Firman Allah, maka hati kita akan terjaga dengan baik sehingga memancarkan kehidupan yang benar, yang diaplikasikan melalui perkataan, pikiran dan perbuatan yang berkenan di hadapan Allah.

Hidup dalam pimpinan Roh Kudus dan menghidupi firman-Nya adalah langkah paling ampuh agar hati kita dibentuk seperti emas yang murni. God bless!!!

No Comments

Post A Comment

×

Powered by WhatsApp Chat, Setup by GBI The City Tower

× Butuh Bantuan?