[BREAD OF LIFE – GIVES LIFE] BOL365 | DAY 342

[BREAD OF LIFE – GIVES LIFE] BOL365 | DAY 342

Jumat, 8 Desember 2023
Pembacaan Alkitab: Hosea 4–6

“BERUSAHA MENGENAL TUHAN”

“Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi.”
(Hosea 6:3)

Bangsa Israel adalah umat pilihan Tuhan yang dikasihi-Nya. Tuhan memelihara bangsa itu dengan berkat dan perlindungan karena perjanjian-Nya dengan mereka. Tetapi kadang bangsa Israel tidak lagi mau mengenal Tuhan. Mereka berbalik dari-Nya dan beralih kepada patung tuangan dan dewa-dewa asing. Sehingga setelah itu, mereka mengalami penderitaan, Tetapi kesengsaraan itu akan berakhir, saat mereka mau bertobat dan kembali berusaha mengenal Tuhan. Saat umat mencari wajah-Nya, Tuhan tidak menyembunyikan diri. Ia akan muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada mereka seperti hujan awal dan hujan akhir.

Ada sebuah pertanyaan: “Apakah mungkin seorang manusia yang terbatas bisa mengenal Tuhan yang tak terbatas?” Jawabannya adalah: “Iya, sangat mungkin!” Manusia akan bisa mengenal Tuhan, yaitu sebatas bagian pengetahuan yang diberikan Tuhan kepadanya. Ada bagian demi bagian yang akan terus ditambahkan dalam pengetahuan akan Tuhan, selama orang itu memiliki hati yang rindu untuk mengenal-Nya.

Sebagai orang percaya, kita harus berusaha sungguh-sungguh untuk mengenal Tuhan dengan benar. Memang proses pengenalan akan Tuhan adalah sebuah perjalanan panjang yang berlangsung selama hidup kita di muka bumi ini. Sebab itu, melalui perenungan firman Tuhan, pengajaran yang alkitabiah, sesi doa, pujian, dan penyembahan, kita berusaha menjalin persekutuan dengan Tuhan, berusaha membangun hubungan yang semakin dekat dengan-Nya. Tetapi pengenalan akan Tuhan yang sesungguhnya adalah hasil karya Roh Kudus. Dialah yang dari mulanya membuat hati dan pikiran kita bisa mengenal Pribadi-Nya, kasih-Nya, dan kehendak-Nya.

No Comments

Post A Comment

×

Powered by WhatsApp Chat, Setup by GBI The City Tower

× Butuh Bantuan?