[BREAD OF LIFE – GIVES LIFE] BOL 365 │DAY 261

[BREAD OF LIFE – GIVES LIFE] BOL 365 │DAY 261

Senin, 18 Sept 2023
Pembacaan Alkitab; Ayub 29 – 32

KOMITMEN UNTUK HIDUP SALEH

Jikalau langkahku menyimpang dari jalan, dan hatiku menuruti pandangan mataku, dan noda melekat pada tanganku, maka biarlah apa yang kutabur, dimakan orang lain, dan biarlah tercabut apa yang tumbuh bagiku. Ayub 31:7-8

Kalau kita belajar dari kisah Ayub, bagaimana kehidupan nya yang saleh dan selalu menyenangkan hati Tuhan, tapi mengapa Ayub harus mengaku tidak bersalah di hadapan Tuhan. Apa yang dialaminya sungguh sangat berat, mungkin itu lah yang membuat Ayub ingin membela dirinya. Seakan-akan apa yang dialaminya itu semua karena kehidupan nya yang tidak baik di hadapan Tuhan, sehingga Ayub melakukan pembelaan dihadapan Tuhan. Pembelaan ini bukan berarti bahwa Ayub memberontak dihadapan Tuhan, melainkan Ayub ingin terus menjaga kesalehan nya di hadapan Tuhan.

Bila kita membaca dalam versi bahasa Indonesia masa kini nya dikatakan dalam ayat 7 “Andaikata aku telah menyimpang dari jalan yang benar, atau hatiku tertarik oleh hal yang cemar, jika tanganku ternoda oleh dosa,”. Kita mendapatkan bahwa Ayub tidak merasa bersalah, dia malahan menjadi sangat kebingungan saat tertimpa berbagai bencana yang dahsyat. Oleh karena itu, pembelaan diri Ayub harus dipahami sebagai keinginan untuk mencari penjelasan tentang mengapa dia harus mengalami penderitaan. Padahal Ayub sudah menjaga hidupnya tetap saleh dihadapan Tuhan.

Mungkin saat ini kita sedang mengalami seperti apa yang dialami Ayub. Sudah melayani bertahun-tahun, rajin baca firman, setia dalam saat teduh, dll. Tapi yang terjadi malahan penderitaan dan kesusahan lah yang menimpa hidup kita. Sebenarnya bukan karena Tuhan jahat, mungkin itu diijinkan Tuhan untuk melatih iman dan kesungguhan hati kita untuk terus bergantung kepadaNya.

Rasa sakit dan penderitaan seringkali menyebabkan kita mulai menyalahkan dan menuduh Tuhan, namun di dalam semuanya itu, Tuhan sudah menyediakan dan memiliki rencana indah yang mulia dalam untuk hidup kita.

No Comments

Post A Comment

×

Powered by WhatsApp Chat, Setup by GBI The City Tower

× Butuh Bantuan?