Menjadi Warga Negara Yang Taat

Facebook
WhatsApp
Telegram

“Lalu kata Yesus kepada mereka: ”Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!”” (Luk. 20‬:‭25‬)‭

 

Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal pajak sebagai suatu kewajiban yang harus dibayarkan oleh warga negara yang diatur dalam undang-undang. Pajak yang kita bayarkan tersebut berfungsi untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran negara yang berkaitan dengan kepentingan umum dan pembangunan. Dengan membayar pajak maka kita dianggap mentaati kewajiban kita sebagai warga negara yang baik.

Pada bacaan hari ini, kita dapat melihat adanya perdebatan mengenai boleh atau tidaknya bangsa Yahudi dalam membayar pajak kepada pemerintah yang pada saat itu sedang berada dibawah jajahan Romawi yang memiliki kewenangan khusus atas bangsa ini dengan adanya wali negeri, yaitu Pontius Pilatus.

 

Situasi sulit ini dimanfaatkan dengan baik oleh imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat dengan mengajukan pertanyaan jebakan kepada Yesus untuk melihat apakah Yesus berpihak kepada pemerintahan Romawi sehingga ia dapat dianggap mengkhianati bangsanya sendiri atau Yesus akan dianggap sebagai pemberontak oleh pemerintahan Romawi karena menolak membayar pajak negara.Yesus tidak terjebak dengan pertanyaan yang diajukan. Sekali lagi ahli-ahli Taurat dan imam-imam kepala dibuat heran atas jawaban Yesus. Maka mereka pun terdiam. Yesus jelas membedakan apa yang menjadi milik Allah dan apa yang menjadi milik Kaisar. Koin yang memiliki gambar dan tulisan Kaisar harus dikembalikan kepada Kaisar sebagai pajak.

 

Dari respon Yesus tersebut kita dapat belajar bahwa kita sudah sepantasnya mengetahui tanggung jawab kita sebagai warga negara dunia karena kita masih tinggal di dunia, dan juga tidak melupakan tanggung jawab kita sebagai warga negara surgawi dengan mengembalikan yang menjadi milik Allah dan juga mengembalikan apa yang menjadi milik pemerintah. Jadilah warga negara dunia dan warga negara surgawi yang baik dan melakukannya senantiasa dengan taat.

 

Sudah sewajibnya orang Kristen menjadi warga negara yang taat. God bless!!!

More to explorer

[BREAD OF LIFE – GIVES LIFE] BOL 365 | DAY 199

Rabu, 17 Juli 2024 Pembacaan Alkitab, 2 Samuel 5-8 SELALU MELIBATKAN TUHAN Dan Daud berbuat demikian, seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, maka ia memukul kalah orang Filistin, mulai dari Geba sampai dekat Gezer (2 Samuel 5:25) Kehidupan Raja Daud memberikan banyak pelajaran berharga tentang bagaimana

[BREAD OF LIFE – GIVES LIFE] BOL 365 | DAY 198

Selasa, 16 Juli 2024 Pembacaan Alkitab, 2 Samuel 1-4 TERUSLAH MENJALANI HIDUP Kemudian bertanyalah Daud kepada TUHAN, katanya: “Apakah aku harus pergi ke salah satu kota di Yehuda?” Firman TUHAN kepadanya: “Pergilah.” Lalu kata Daud: “Ke mana aku pergi?” Firman-Nya: “Ke Hebron (2 Samuel 2:1)

[BREAD OF LIFE – GIVES LIFE] BOL 365 | DAY 197

Senin, 15 Juli 2024 Pembacaan Alkitab, 1 Samuel 29-31 JANGAN BERHENTI UNTUK PERCAYA Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya (1

No Comments

Post A Comment

×

Powered by WhatsApp Chat, Setup by GBI The City Tower

× Butuh Bantuan?